Kacamata Peradaban

2017/03/12

Kucing Hitam Dianggap Sebagai Simbol Hal Jahat Oleh Sebagian Bangsa?



 

Selama ini kita menganggap bahwa kucing merupakan hewan peliharaan yang lucu, imut, dan menggemaskan. Namun berbeda dengan kucing hitam. Kucing hitam rupanya punya cerita yang menarik dan mitos yang mengerikan dari zaman ke zaman.

Jika sejak 3000 tahun SM kucing hitam di puja-puja oleh bangsa Mesir, di abad pertengahan Eropa kucing hitam justru selalu di kaitkan dengan ilmu sihir. Bagaimana bangsa Eropa bisa mengaitkan kucing hitam dengan ilmu sihir?

Kisah tersebut bermula pada tahun 1560-an, sebuah legenda merebak di Lincolnshire, Inggris. Alkisah, seorang ayah dan anaknya yang lelaki sedang berjalan pada malam hari tanpa bulan, saat seekor kucing hitam ada di tengah jalan yang hendak mereka langkahi.

Secara refleks seorang ayah dan anak lelakinya itu melempar kucing hitam yang tiba-tiba melintas dengan batu, hingga kucing itu terluka dan lari ke rumah seorang wanita, yang pada saat itu diduga seorang penyihir.

Di Amerika, kepercayaan akan kucing hitam juga semakin kuat, apalagi saat perburuan penyihir Salem. Dua puluh orang dihukum mati pada tahun1692, karena dianggap sebagai penyihir yang membuat anak perempuan Pendeta Samuel Parris di Desa Salem, mengalami sakit.

Bahkan hingga kini, kucing hitam dan penyihir tetap populer pada saat perayaan Halloween, dan menjadi simbol hal jahat yang akan terjadi kemudian. Namun, di Scotlandia, warga percaya bahwa kucing hitam tak dikenal yang  beranda rumah akan membawa kemakmuran. Bahkan di wilayah Midlands Inggris, kado pernikahan kucing hitam dipercayai membawa keberuntungan bagi pengantin wanita. Apalagi jika kucing hitam tersebut bersin.

Sumber: National Geographic

Share this:

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Back To Top
Distributed By Blogger Templates | Designed By OddThemes